image
Free CSS Template

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam feugiat mi lacus, sed accumsan neque. Donec condimentum molestie laoreet.

BAB 1

| | Selasa, 24 November 2009

A. Memahami Konsep Internet


1. PENGERTIAN INTERNET

Internet Kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi. Setiap PC yang tergabung dalam jaringan dapat berkomunikasi
Internet milik masyarakat dunia tidak ada orang atau lembaga yang dapat mengklaim internet sebagai miliknya sendiri.

a. Modem
b. ISDN

- Konsep Internet dan intranet
Konsep Intranet Memakai metode komunikasi internet dalam suatu perusahaan.

1. Internet Cakupannya adalah global, komunikasi lewat saluran telekomunikasi dan penggunanya boleh siapa saja.

2. Intranet Cakupan nya terbatas yaitu didalam organisasi




2. SEJARAH INTERNET

Departemen pertahanan US membuat proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) atau disebut ARPAnet.

Standard protocol yang digunanakan TCP/IP (Transmision Control Protokol / Internet Protokol)

NSF (National Science Foundation) melanjutkan dan menciptakan jaringan NSFnet berdasarkan teknologi IP dengan menggunkan saluran telepon sebagai sarana transmisi dan menggunakan jaringan computer.


3. PRINSIP KONEKSI


Penyelenggara Jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet Service Provider (ISP)) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

4. KEGUNAAN INTERNET

1. Informasi yang di peroleh sangat mudah dan cepat
2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi
3. Sebagai media promosi
4. Komunikasi interaktif
5. Sebagai alat research and development
6. Pertukara data

Layanan Internet

• Surat elektronik (e-mail)
• Telnet
• Kelompok diskusi / mailing list
• File server/transfer (FTP)
• Web/Distributed Multimedia database (WWW)
• IRC (Internet Relay Chat)
• Video dan suara




5. PERTUMBUHAN INTERNET DARI WAKTU KE WAKTU

Jika membicarakan tentang sejarah Internet, maka tidak akan pernah lepas dari ARPANET dan NSFNET (The US National Science Fundation). Kedua jaringan ini merupakan penggagas jaringan Internet yang kini kita gunakan. Pada tanggal 1 Januari 1983 TCP/IP dinyatakan sebagai satu-satunya protokol resmi. Sejak ARPANET dan NSFNET digabungkan, maka pertumbuhan penggunaaan jaringan ini semakin banyak. Kemudian pada pertengahan tahun, masyarakat mulai memandang kumpulan-berbagai macam jaringan ini sebagai Internet.

Perkembangan Internet kian marak pada tahun 1990 dimana kumpulan jaringan ini telah bertumbuh menjadi 3000 jaringan dan 200.000 komputer. Tahun 1992 kurang lebih tercatat 1 juta host telah terkumpul di Internet. Menurut Paxson, pada tahun 1995 terdapat banyak backbone, ratusan jaringan regional, puluhan ribu LAN, jutaan host dan puluhan juta pengguna. Disinyalir jumlah ini terus bertambah dua kali lipat setiap tahunnya. Secara sederhana pada awal pemakaiannya Internet mempunyai empat aplikasi utama sebagai berikut:

* Email
* News
* Remote Login
* Transfer File

Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 1990 Internet lebih banyak dipakai di kalangan akademis dan pemerintahan, hingga kemudian diumumkan aplikasi WWW (World Wide Web) yang sangat membantu kalangan non akademis ke jaringan. Selain itu WWW juga memungkinkan pembuatan sejumlah halaman informasi yang dihubungkan dengan link-link satu sama lain, disertai oleh gambar, suara, dan video. Pada tabel berikut kita lihat betapa masif perkembangan internet yang pada tahun 1995 “baru” 16 juta orang menggunakan internet, dan pada tahun 2008 sudah lebih dari 1 miliar pengguna.

[sumber: http://www.internetworldstats.com/images/growth2007.png]
Penyebaran pengguna internet awalnya memang lebih banyak di tempat asalnya yaitu Amerika Serikat, namun pada diagram di bawah terlihat perkembangan pengguna internet juga berkembang di wilayah lainnya. Hal ini menunjukkan semakin tersebarnya teknologi internet ini.




Selanjutnya data di bawah menunjukkan tingkat penetrasi internet menurut wilayah. Dari tabel tersebut dapat diperkirakan peluang perkembangan internet terutama di wilayah yang penetrasinya masih sedikit [1]. Sebagai contoh, Asia yang perkembangannya begitu besar, hingga 346,6% selama tahun 2000 hingga 2007 tetapi penetrasinya masih 13,7%. Perkembangan infrastruktur yang pesat belakangan ini dan konvergensi teknologi yang memungkinkan semakin mudahnya mengakses internet melalui berbagai perangkat akan berpengaruh pada terus meningkatnya pertumbuhan pengguna internet.






Di Indonesia sendiri per tanggal 31 Desember 2007, pengguna internet berjumlah sekitar 20 juta, dengan pertumbuhan pengguna dari tahun 2000 hingga 2007 sekitar 900% dan penetrasinya baru 8.5% dari jumlah penduduk [1].


B. Mendeskripsikan Fungsi Hardware yang diguunakan untuk Akses Internet



1. Personal Computer (PC)

Istilah komputer pribadi atau PC mempunyai beberapa arti:

• Istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah.

• Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM.

• Komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer) - lihat PC IBM.

Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah kecil kepada orang yang mampu membeli(membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, yaitu: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).



2. Modem (modulator demodulator)

a. Modem Komputer Internal.


Beberapa komputer memiliki modem internal yang merupakan modem built in atau komputer modem card. Untuk card modem komputer, slot PCI atau kadang-kadang slot ISA dibutuhkan, tergantung interface motherboard yang tersedia untuk menerima modem.
Internal Computer Modems digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-11. Juga dikenal dengan kabel telepon tembaga, RJ-11 memampukan komputer untuk menerima dan mengirim data sebagaimana yang diterangkan di atas.
Modem komputer internal biasanya merupakan modem 56K yang berarti bahwa modem itu mampu menerima data sebesar 56 Kbits/detik ( 56 kilobits atau 56.000 bit per detik). Jenis transmisi data ini disebut transmisi downstream, datang dari provider dan ditransmisikan melalui kabel telepon. Umumnya besaran data ini merupakan bandwith standar untuk kabel telepon.
Akan tetapi karena Internet mempunya sistem dua arah, data juga harus dikirim dari klien ke provider (server). Untuk tujuan ini komputer bisa menggunakan modem 56K V90 untuk mengirim data dalam transmisi upstream sebesar 33,6 Kbits/s. Di sisi lain, modem V 92 56 K mampu mengirim 48 Kbits/s transmisi upstream.




b. Modem Eksternal :

Modem Eksternal bisa digunakan untuk tujuan yang sama dan dalam kondisi yang sama dengan modem internal. Akan tetapi modem eksternal merupakan kotak kecil yang menggunakan jenis antar muka yang lain untuk terhubung dengan komputer.
Bisa jadi itu berupa serial modem, dinamakan demikian karena benda itu menggunakan serial port untuk dihubungkan ke komputer. Biasanya terinstall pada belakang komputer, serial port merupakan pilihan yang mudah diinstall untuk modem eksternal. Kotak kecil yang sama, di sisi lain, bisa menjadi sebuah Modem USB yang normalnya menggunakan port USB yang biasanya ditempatkan dibelakang atau di depan komputer.
Yang pertama dari jenis modem eksternal bisa jadi modem dial up tetapi jenis ini lebih mahal daripada jenis internal. Sama seperti jenis lain dari modem eksternal anda mungkin mempertimbangkan dua tipe modem : modem kabel dan DSL jika anda menginginkan layanan internet berkecepatan tinggi. Semua ISP biasanya menyediakan modem spesial dinamakan modem digital di dalam paket broadband.
Sangat penting untuk memperhatikan bahwa modem kabel harus dihubungkan dengan kartu Ethernet, ditempatkan di slot PCI komputer yang disediakan oleh koneksi intenet broadband ke pengguna. Memang benar jika anda memilih koneksi Ethernet. Akan tetapi anda tidak akan membutuhkannya jika pilihan anda menggunakan koneksi USB.


c. Modem kabel
:

Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwitdth yang hebat dibandingkan modem komuter dial up. Akses yang benar-benar cepat ke Web yang disediakan oleh modem kabel dengan transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1 Mbits/s.
Sayangnya besaran transmisi ini berubah-rubah tergantung jumlah pengguna karena pembagian bandwith yang menggunakan teknologi kabel ini.
d. Modem DSL ( Digital Subscriber Line) secara eklusif digunakan untuk koneksi dari telepon kantor yang dipindahkan ke pengguna. Teknologi ini, tersedia dan seringkali dipakai, dipisahkan dalam dua kategori utama :
ADSLor Asymetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Amerika Utara dan mendukung transmisi downstream dari 1,5 Mbits/s hingga 9 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 3 Mbits/s.
SDSL. SDSL or Symetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Eropa dan mempunyai besaran downstream dan upstream data yang sama yaitu sekitar 128 Kbits/s.

3. Saluran Telepon


1 Klik Start, pilih menu Control Panel










2. Pilih Network and Internet Connections






3. Pilih Network Connections








4. Maka akan muncul layar seperti di bawah ini, dan pilih Create a new connection







5. Maka akan muncul di layer seperti berikut, dan klik Next












6. Pilih Connect to the Internet, lalu klik Next









7. Pilih Set up my connection manually, lalu klik Next











8. Pilih Connect using a dial-up modem, lalu klik Next










9. Ketik telkom pada kotak yang tersedia di bawah ISP Name, lalu klik Next









10. Ketik 080989999 pada kotak kosong di bawah Phone number, lalu klik Next










11. Akan muncul layar seperti di bawah ini

Untuk username, ketik : telkomnet@instan
Untuk password dan confirm password, ketik : telkom
Kemudian klik menu Make this default Internet connection sehingga kotak tidak di centang, jika tidak ingin sebagai default Internet connection
Kemudian klik Next





12. Maka akan muncul layar seperti di bawah ini
Klik kotak pada menu Add shortcut…, jika ingin membuat shortcut connection ini
Lalu klik finish




Konfigurasi selesai, connection ini dapat digunakan. Tetapi jika muncul layar seperti di bawah ini :





Klik kotak kosong pada password lalu ketik telkom. Lalu klik Dial


Untuk dapat digunakan Internet, klik Start, kemudian pilih All Programs, kemudian klik Internet Explorer






Maka akan muncul layar seperti berikut ini :




Klik Tools, kemudian klik Internet Options…



Maka akan muncul layar seperti berikut ini, kemudian klik Connections, pastikan hanya Dial whenever a network connection is not present yang ditandai, kemudian klik LAN Settings







Maka akan muncul layar seperti berikut ini,
Pada Automatically detect settings dan Use a proxy server…kotaknya dicentang atau tidak, tidak berpengaruh.






Jika setelah men-setting semua sudah selesai, anda mengetik alamat website lalu muncul layar seperti berikut ini, langsung klik Connect








Internet dapat digunakan.



Sekedar tambahan, jika connection ini tidak berjalan, biasanya muncul layar seperti ini :







Maka lakukan langkah no.1-3, kemudian akan muncul layar seperti ini, dan kemudian klik kanan shortcut telkom, dan klik properties






Maka akan muncul layar seperti ini, dan pastikan kotak pada Show terminal window tidak tercentang, kemudian klik OK.






4. Software
5. ISP
a. Dial up
b. Hotspot
c. Mobile access
d. Wireless
e. Dedicated Connection

1.4 MENDESKRIPSIKAN USER ID DAN PASSWORD


A. USER ID DAN PASSWORD

User ID adalah identitas pengguna komputer. User adalah nama, nomor atau
identitas yang dimiliki dan yang berhak untuk menggunakan komputer.

B. DOMAIN NAME SERVICE (DNS)

DNS Merupakan pengembangan sistem alamat host-host yang lebih dimengerti
pemakai komputer. Setiap DNS memiliki dua buah identitas, yaitu IP address
numeric dan host name. Host name merupakan nama yang mudah diingat, seperti
Erlangga.co.id.


C. HIRARKI DNS


Semua data DNS diurutkan dengan nama atau domain tertentu yang berakhiran
sesuai dengan bidang masing-masing. Misalnya

.com bidang komersial

.edu bidang pendidikan

.net penyedia jasa network

.org organisasi nonkomersil

.int organisasi Intenasional

BROWSER INTERNET

0 komentar:

Poskan Komentar