image
Free CSS Template

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam feugiat mi lacus, sed accumsan neque. Donec condimentum molestie laoreet.

BAB 1

| | Jumat, 18 Juni 2010

BAB 1 Kelas X

Melakukan Operasi Dasar Komputer

A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Menghidupkan dan Mematikan komputer
Untuk menghidupkan dan mematikan komputer ada caranya sendiri. Menyalakan atau mematikan komputer berbeda dengan menyalakan atau mematikan peralatan elektronik lainnya. Supaya komputer Anda lebih awet,maka paling tidak Anda tahu cara yang benar untuk menghidupkan atau mematikan komputer.

* Cara untuk menghidupkan komputer, yaitu :
a. Pasang kabel ke stop kontak
b. Tekan tombol ON pada stabilizer, monitor dan CPU
c. Tunggu hingga komputer melakukan proses booting
d. Setelah itu, muncul kotak Username dan Password. Tapi jika Anda menggunakan operasi Windows XP,Windows 98 dan tidak menggunakan sisten jaringan, maka click cancel
e. Kemudian muncul desktop dan komputer Anda siap untuk digunakan

* Cara untuk mematikan komputer, yaitu:
a. Pastikan dulu semua aplikasi yang sudah Anda gunakan sudah ditutup
b. Click start-shutdown-ok (Windows 98) atau Click Turn Off Computer-Turn Off(Windows XP)
c. Tunggu sebentar sampai muncul tampilan “Windows is shutting down” kemudian komputer Anda akan mati sendiri
d. Setelah itu tekan tombol Off pada monitor,CPU,maupun penstabil tegangan



Prosedur – prosedur di atas harus Anda lakukan secara berurutan, jika Anda menginginkan komputer Anda dapat berusia lama.


Ada beberapa permintaan yang masuk ke blog ini agar bahar ajar berbasis tik ditampilkan. mudah-mudahan saat ini dan seterusnya, saya tetap konsisten mengupload bahan ajar berbasis tik. untuk yang pertama, saya akan menambahkan bahar ajar tik kelas 10 (pertemuan awal : menghidupkan dan mematikan komputer). semoga di kesempatan lain, saya bisa menghimpun beberapa bahan ajar berbasis tik dari mata pelajaran lain. sehingga rekan-rekan yang membutuhkan dapat terbantu.

Prosedur menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:
1. Pastikan kabel2 sudah terpasang dengan baik dan benar pada komputer anda
2. Pasangkan kabel ke stop kontak
3. Tekan tombol ON pada penstabil tegangan, CPU, dan monitor
4. Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses Booting, yaitu suatu proses ketika komputer mendeteksi hard disk, floppy disk, drive, CD-ROM, dan CPU(Memory, Clock, RAM, dsb)
5. Setelah itu muncul kotak dialog untuk mengisi username dan password. Apabila anda menggunakan sistem Windows 98, Windows NT atau Windows XP dan tidak akan menggunakan sistem jaringan, Klik cancel pada kotak dialog password. Proses ini dalam jaringan dikenal sebagai proses otorisasi.
6. Setelah proses otorisasi muncul dekstop. Pada tahap inilah komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.


Prosedur mematikan komputer adalah sebagai berikut:
1. Simpan document dan tutup semua program yang aktif.
2. Bila system operasi yang digunakan MS Windows, klik start lalu klik “turn off computer”
3. klik ok, maka komputer akan mati secara otomatis.
4. Tekan tombol OFF pada monitor dan penstabil tegangan.

B. Menunjukkan Macam-macam Perangkat Lunak

Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja hardware. Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada hardware yang bermacam-macam. Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Contoh dari system operasi, yaitu Windows, UNIX, Linux, dan Macintosh OS. Sifat khusus software sesuai dengan fungsi yang dikembangkan :
1. Pengolah kata, seperti Microsoft Word.
2. Pengolah angka, seperti Microsoft Excel.
3. Pengolah materi presentasi, seperti Microsoft Power Point.
4. Pengolah grafis, seperti Adobe Photoshop, Microsoft Paint, CorelDRAW.
5. Pengolah homepage, seperti Microsoft FrontPage.
6. Pengolah database sederhana, seperti Microsoft Acces


B. Menunjukkan Macam-macam Peragkat Lunak

Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi 7, yaitu sebagai berikut :
1. Sistem operasi
2. Program aplikasi
3. Bahasa pemrograman
4. Program bantu
5. Program paket
6. Program permainan
7. Program multimedia

1. Sistem operasi
Sistem operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang dikenal oleh mesin komputer (bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, harddisk, dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi. Contoh sistem operasi yaitu DOS, Windows, dan Linux. Sistem operasi tersebut dapat dipasang pada komputer desktop dan laptop. Untuk sistem operasi DOS, kita mengenal PC-DOS, MS-DOS. Untuk Windows, kita mengenal Windows 98, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows ME. Untuk Linux, kita mengenal distro (distribution) Suse, Mandrake, RedHat.

2. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data pasien rumah sakit, untuk mencetak kuitansi. Program aplikasi sangat banyak ragamnya karena disesuaikan dengan kebutuhan setiap pembuat atau pemesannya.

3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. Kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan. Bahasa pemorgraman yang umum dikenal sekarang adalah bahasa tingkat tinggi. Gabungan dari bahasa pemrograman dan alat desain visual tersebut dikenal dengan istilah development tools (alat pengembangan).

4. Program Bantu
Program bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data, dan sebagainya. Program jenis ini umumnya tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya. Contoh program bantu yang kita kenal, yaitu Windows Explorer, Anti Virus, Backup, Disk Defragmenter.




5. Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa program aplikasi yang di paket menjadi satu kesatuan untuk menangani suatu bidang pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang terkenal adalah Microsoft office. Di dalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsft word ), program untuk penghitungan dan tabulasi (Microsoft Excel) ,program untuk presentasi (Microsoft Power Point), dan program lainnya. Microsoft Office dibuat untuk memenuhi kebutuhan perkantoran pada umumnya. Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani ,program paket dapat di bedakan menjadi tiga :
1. Aplikasi perkantoran, misalnya Microsoft Office dan Staroffice.
2. Aplikasi database misalnya Oracle dan SQL Server.
3. Aplikasi grafik ,misalnya Adobe Photoshop dan CorelDRAW.

6. Program Permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer. Jenis program ini sangat beragam. Saat ini telah dibuat program permainan yang dapat dimainkan secara bersama –sama oleh banyak orng melalui jaringan komputer lokal atau Internet. Berikut ini adalah contoh program permainan yang sudah kita kenal.
a. Solitaire, tersedia pada Accessories Windows.
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di games center.
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan Indonesia.

7. Program Multimedia
Program multimedia mencakup program-program untuk memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, menangkap siaran radio atau televisi, dan program lainnya. Program jenis ini memanfaatkan komputer untuk menggantikan perangkat-perangkat elekteronika lainnya atau mengendalikan penggunaan peralatan lain. Berikut ini contoh program multimedia :
1. WinAmp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu MP3.
2. Jet Audio, dapat memainkan berbagai format lagu serta memutar video.
3. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet.


C. Membedakan Fungsi Perangkat Lunak

Software aplikasi dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu :
1. Software aplikasi jadi.
2. Software aplikasi custom atau tailor made.

1. Software Aplikasi Jadi
Software aplikasi jenis ini merupakan software yang dibuat oleh industri software untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang biasa digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer untuk melakukan aktivitasnya. Software ini dibuat berdasarkan kebutuhan, pengalaman, dan feedback dari pengguna software sejenis sebelumnya.


2. Software Aplikasi Custom atau Tailor Made
Software jenis ini membutuhkan interaksi langsung antara pembuat software dengan pengguna yang akan menggunakan software tersebut. Interaksi ini bersifat dua arah, setelah terjadi kesepakatan antara pengembang dengan pengguna, aplikasi tersebut kemudian dibangun. Aplikasi yang akan dibangun dapat menggunakan dua cara, yaitu :
a. membangun aplikasi benar-benar dari awal atau dari nol.
b. memodifikasi atau melakukan pengaturan sendiri aplikasi yang sudah ada, seperti SAP atau Oracle.

0 komentar:

Poskan Komentar