image
Free CSS Template

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam feugiat mi lacus, sed accumsan neque. Donec condimentum molestie laoreet.

BAB 6

| | Jumat, 18 Juni 2010

MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI
A.Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (Operating sistem)

Komputer adalah suatu alat elektronik yang menerima input sebagai suatu perintah atau data yang selanjutnya akan melakukan pengolahan data.

Sistem operasi mempunyai fungsi :
1.Sebagai antarmuka antara pengguna dengan hardware.
2.Memungkinkan adanya pemakaian bersama hardware maupun data antar pengguna .
3.Pengaturan penjadwalan resource untuk pengguna, misalnya pemakaian CPU dan alat input atau output secara bergantian.
4.Menyediakan fasilitas sistem operasi, misalnya menyediakan fasilitas interrupt.
5.Menunjukan lokasi dimana pengguna dapat mengeksekusi program-programnya.
6.Mengefisienkan hardware computer.

B.Membedakan Operating System (OS) dan Basic Input and Output System (BIOS)

1.Operating System (OS)
Sisrem Operasi adalah suatu program yang bertindak sebagi perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) computer. Tujuannya yaitu untuk menyediakan suatu lingkungan di mana pengguna dapat menjalankan program secara efisiensi dan nyaman. Sistem operasi berfungsi mengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada suatu sistem computer.
Contoh : Microsoft Windows, Linux, MS-DOS,Unix, dan sebagainya.

Berdasarkan jenis antarmuka yang disediakan, sistem operasi dibedakan menjadi dua :
1)Text Based
Pada OS ini pengguna computer mengetikkan perintah menggunakan keyboard yang berupa suatu kumpulan teks. Contoh : MS-DOS, Unix dan sebagainya.
2)GUI (Graphical User Interface)
Pada OS ini pengguna computer dapat memasukan perintah dengan cara mengetikkan sekumpulan teks pada jendela prompt dan dengan mengklik menu dan ikon berupa gambar yang lebih mudah dipahami. Contoh : Microsoft Windows, Linux dan sebagainya.

Kita bisa melihat sistem operasi yang dipakai pada computer kita dengan cara :
1)Pilih tombol start pada taskbar.
2)Pilih Control Panel.
3)Selanjutnya, akan ditampilkan jendela control panel kemudian pilih system.
4)Selanjutnya akan ditampilkan jendela system properties yang menampilkan informasi sistem computer yang digunakan.
Jika Bios tidak bekerja dengan baik, hal ini akan mengakibatkan computer gagal mendeteksi hardware yang ada, sehingga hardware yang ada tidak dapat digunakan dengan baik.

C.Sistem Operasi dan Program Aplikasi yang terpasang

Sistem computer dibagi menjadi empat komponen yaitu perangkat keras (hardware), sistem operasi (software), program aplikasi, dan pengguna (users). Sistem Operasi selain berfungsi sebagai program yang mengelola sumber daya dari computer, juga berfungsi sebagai program pengontrol yang digunakan untuk mengendalikan program aplikasi. Sebagai contoh program aplikasi Microsoft Word sebagai pengolah kata yang membutuhkan printer sebagai hardware untuk mencetak dokumen, di mana hubungan antara program aplikasi Microsoft Word dengan printer diatur oleh Microsoft Windows. Sistem operasi menyimpan semua program intruksi yang dibutuhkan untuk mengakses sumber daya pada suatu computer.

D.Mendeskripsikan Sistem Operasi yang Terpasang

1.MS-DOS
Penggunanya harus mengetikan perintah tersebut pada MS-DOS prompt.
Perintag pada MS-DOS dibagi menjadi 2 :
1)Perintah internal merupakan perintah yang tersimpan pada memori dan merupakan bagian dari command.com
2)Perintah Eksternal merupakan perintah yang dipanggil apabila digunakan oleh pengguna computer.

2.Microsoft Windows
Sistem operasi ini menggunakan antarmuka GUI (graphical user interface) kelebihannya adalah terdapat fasilitas plug and play. Untuk bekerja dengan windows dapat dengan cara mengarahkan penunjuk mouse. Windows terdiri atas kumpulan system call (API).

3.Linux
Dikembangkan oleh Torvald. Merupakan sistem operasi open source dimana seluruh kode sumber dari linux disebarluaskan secara bebas dengan lisensi GPL (general public lisence). Saat ini banyak jenis linux yang beredar yaitu : Slackware, redHat, SUSE, Madrake, ubuntu, dll.

E.Mengelola Program Aplikasi

Suatu program yang berjalan di atas sistem operasi disebut aplikasi. Bug adalah suatu kesalahan prosedur pada program yang menyebabkan program aplikasi mengalami beberapa masalah pada saat dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini biasanya pembuat program aplikasi akan memperbaiki kesalahan pada program yang membuat versi baru program aplikasi tersebut. Pada saat computer menerima proses yang masuk melebihi kemampuan computer maka computer akan mengalami hang dimana computer akan berhenti dan tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya dapat melalaui cara menghentikan beberapa proses yang tidak dapat diperlukan melalui task manager dengan langkah :

•Tekan ctrl+Alt+Del secara bersamaan pada keyboard
•Pilih tab Applications
•Jika status aplikasi tertulis stopped berarti bermasalah dan dapat ditutup dengan cara memilih program tersebut lalu klik end task

Untuk menghapus aplikasi terdapat 2 cara yaitu :
1.Dengan cara menggunakan fasilitas uninstall yang terdapat pada program aplikasi tersebut.
2.Cara kedua adalah melalui control panel, lalu pilih Add or Remove Programs

0 komentar:

Poskan Komentar