image
Free CSS Template

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam feugiat mi lacus, sed accumsan neque. Donec condimentum molestie laoreet.

BAB 8

| | Jumat, 18 Juni 2010

MELAKUKAN MANAJEMEN FILE
A. Menggunakan Menu Pull - down
Untuk memilih perintah pada menu pull-down. Arahkan penunjunk mouse ke menu yang akan dipilih > klik kiri tombol mouse dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard (Alt + karakter).


B. Membuat Folder
Berikut adalah cara membuat folder:

Pilih tempat yang Anda ingin untuk menempatkan folder baru Anda. Dalam contoh ini saya akan membuat folder baru di drive H: drive yang merupakan drive jaringan yang memiliki akses ke aku di tempat kerja. Anda juga dapat membuat folder pada C: drive atau di "Anda" My Pictures atau "My Documents" folder.

Langkah pertama adalah pergi ke tempat di mana Anda ingin membuat folder baru. Kemudian pilih "New" di jendela Kemudian pilih "File" dan kemudian "Folder"

C. Menggunakan Drag and Drop
1. Tekan dan tahan mouse ke folder yang akan dituju > lepaskan mouse. Secara otomatiss komputer akan menyalin file ke dalam folder tujuan.
2. Buka kembali, jika inginmemastikan file benar -benar tersalin.

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam penggunaan mouse :
- Tunjuk (point), memindahkan atau mengarahkan penunjuk mouse (mouse pointer) pada bagian tertentu yang diinginkan.
- Click, menekan tombol satu kali dengan cepat.
- Klik dua kali (double click), menekan tombol mouse dua kali berturut - turut.
- Drag and drop, tekan tombol mouse (jangan lepas) dan gerakkan mouse ke posisi baru yang diinginkan.

D. Mengenal Tipe file

Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer, lalu pilih menu View – Folder Options. Pindah ke tab Files Types. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang.


E. Mengelola File

File adalah sebuah naskah yang telah tersimpan dalam disk. Naskah tersebut dapat berupa dokumen ketikan, gambar, kumpulan program dan lain-lain.
Di dalam mengelola file kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini :
* Mengganti nama file
* Memanggil File
* Mengedit File
* Menyimpan File

* MENGGANTI NAMA FILE
Untuk mengganti nama file ikuti langkah-langkah berikut :
Aktifkan program My Computer
Pada kolom Address, misalkan drive D:\NASKAH TIK 2006\Kelas VII Semester I
Tentukan file yang akan diganti namanya
Klik menu File, kemudian klik Rename
Gantilah nama file yang lama dengan nama baru yang diinginkan, terakhir tekan enter.
Atau dengan cara lain dengan langkah sebagai berikut :
Tentukan file yang akan diganti namanya
Klik kanan pada file yang akan diganti namanya, kemudian klik Rename
Gantilah nama file yang lama dengan nama baru yang diinginkan, terakhir tekan enter
Atau tentukan file yang akan diubah nama filenya tekan tombol F2



*MEMANGGIL FILE
Dengan alat pencarian Windows XP, pengguna dapat mencari semua jenis file, dengan sebanyak atau sedikit informasi yang Anda ingat tentang file.

1. Pilih "Start" dari taskbar Windows XP. Ini akan memunculkan jendela pilihan; klik "Cari", yang terletak di sisi kanan jendela pop-up. Jendela Windows XP pencarian akan muncul.

2. Klik panah hijau di sisi kiri panel untuk menentukan jenis file yang ingin Anda cari. Jika Anda tidak yakin apa jenis file itu, pilih opsi "All Files dan Folder."

3. Masukkan semua informasi yang Anda tertentu di kotak yang tersedia pada panel berikut. Mengisi nama, frase atau kata yang jarang mungkin di file tersebut dan dimana Anda mungkin telah disimpan itu akan membantu menentukan pencarian.

4. Pilih panah menunjuk ke bawah di samping "Ketika Apakah Ini Disempurnakan," "Apa Ukuran Is It" dan "More Advanced Options" untuk lebih mendefinisikan pencarian.

5. Centang kotak di samping pilihan "Cari Subfolder," "Search Hidden File dan Folder" dan "Search System Folder" Pilihan ini ditempatkan di bawah "Advanced More Options.." Mereka memastikan bahwa semua folder dan direktori yang dicari, tidak hanya yang utama atau folder tingkat atas.

6. Waktu-klik "Cari" ketika semua informasi yang tepat dipilih. Jumlah waktu pencarian mengambil bergantung pada ukuran hard drive komputer dan informasi spesifik yang Anda mampu masuk.

7. Klik dua kali file yang ditemukan di sisi kanan panel ketika pencarian selesai. Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih "Properties" untuk menemukan lokasi pada hard drive. Jika file yang Anda butuhkan tidak terdaftar, coba lagi pencarian dengan informasi yang kurang dari sebelumnya. Ini mungkin memakan waktu lebih lama, karena pencarian akan mencakup lebih dari hard drive.

*mengedit file
Untuk membuka kotak dialog Properties, melalui cara.
1. Pilih file yang akan diubah settingnya > klik tombol kanan mouse > Properties
2. Pada kotak dialog Properties pilih tab General.
3. Pada pilihan Attributes, tandai pilihan Read-only agar file hanya dapat dibaca tanpa diubah. Tandai Hidden apabila ingin file tidak dapat terlihat.

*Menyimpan File
Setelah melakukan perubahan pada sebuah file, simpan dengan menggunakan perintah Save atau Save As. Save, perubahan kana langsung disimpan menggunakan nama file yang sama. Save As, selain menyimpan perubahan yang terjadi menggunakan nama file yang sama, juga dapat menyimpan perubahan menggunakan nama file yang berbeda.



F. Memformat Disket

Untuk memformatnya kita perlu menggunakan layanan Windows Explorer. Adapun cara untuk memformatnya yaitu dengan langkah-langkah berikut ini :

1.Buka program pada My Computer.
2.Kemudian masukkan disket yang akan diformat pada floopy drive.
3.Klik ikon Floopy drive kemudian klik

0 komentar:

Poskan Komentar